9 Mamfaat Wortel Bagi Tubuh Manusia - Indonesia Medical Center Artikel dan Tips

9 Mamfaat Wortel Bagi Tubuh Manusia


Mamfaat wortel sangat banyak, bukan hanya untuk kesehatan akan tetapi juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya, wortel adalah sayur yang sangat berkhasiat, wortel juga dikenal secara luas sebagai sumber dari vitamin A, dan ternyata mempunyai banyak mamfaat lainnya, tentu saja apabila wortel di konsumsi secara rutin, sama seperti manfaat sayur dan buah pada umumnya, manfaat wortel juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan Gizi Dalam Wortel

Wortel mempunyai kandungan nutrisi yang bermacam-macam, kandungan nutrisi tersebut pun terdapat dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Berikut beberapa nutrisi yang kita dapat dari mengkonsumsi wortel:

Karbohidrat
Protein
Serat
Vitamin A, B, K
Sodium
Potasium
Kalsium
Tembaga
Zat Besi
Magnesium
Fosfor
Zinc
Dan Lain Sebagainya.

Manfaat Mengkonsumsi Wortel

Seperti yang kamu lihat di atas, wortel mempunyai banyak sekali nutrisi untuk kebutuhan harian tubuh manusia, dimana nutrisi yang paling banyak terkandung dalam wortel adalah vitamin A. Jika kami mengkonsumsi wortel , selain mencukupi kebutuhan vitamin A, kamu juga bisa mendapatkan manfaat nutrisi lainnya. Berikut beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika mengkonsumsi wortel :



Meningkatkan dan Memperbaiki Fungsi Mata

Wortel sangat baik untuk pengobatan mata, terutama bagi mereka yang sudah bermata (-) minus karena vitamin A nya yang sangat tinggi. Selain vitamin A nya yang sangat tinggi wortel juga mengandung beta karotin, lutein  vitdan juga zea xanthin. beta karoten yang ada pada wortel dapat membantu menjaga asupan vitamin A dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak mata. Bahkan kandungan yang terdapat pada wortel bisa mengatasi kerusakan mata yang di akibatkan oleh faktor usia.



Meningkatkan System Imun ( kekebalan tubuh ).

Mengkonsumsi wortel secara teratur juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh (imun), karena mengandung beta karoten yang berfungsi untuk mencegah ataupun sebagai penghalang terinfeksinya virus ataupun bakteri di tubuh.



Mencegah Penyakit Kanker

Wortel diketahui dapat mencegah penyakit kanker karena mengandung falcarinol, yaitu antioksidan yang bisa mencegah atau menangkal tumbuhnya kanker, metode dengan menggunakan buah dan sayur untuk mencegah kanker sudah dilakukan oleh Dr. Max Gerson, melalui metodenya the Gerson Methods.



Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang di lakukan di italy, mengungkapkan fakta yang cukup menarik yaitu bagi mereka yang mengkonsumsi wortel dengan jumlah yang cukup, mempunyai  resiko terkena serangan jantung hanya sepertiga dibandingkan mereka yang mengkonsumsi sedikit atau mereka yang tidak suka sayuran ini.



Mencegah Penyakit Stroke

Selain untuk mata, ternyata kandungan beta karoten dalam wortel juga bisa mencegah atau menurunkan resiko terkena stroke, hal itu di sebabkan oleh beta karoten yang menghambat kolestrol jahat yang menyebabkan pengumpalan dalam darah, selain kaya dengan beta karoten wortel juga  banyak mengandung pectin yang berfungsi untuk menurunkan kadar lemak dalam darah.



Mamfaat Mengkonsumsi Wortel bagi Kecantikan


Selain bermamfaat untuk tubuh, wortel juga sering di gunakan untuk perawatan kecantikan, berikut beberapa mamfaat mengkonsumsi wortel bagi kecantikan :



Membantu Memperlamban Penuaan Dini 

Wortel juga dapat memperhambat penuaan dini, karena banyak mangandung beta karoten yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah atau memperbaiki kerusakan sel, maka dari itu wortel sangat efektif memperhambat panuaan dini.



Menyehatkan Kulit


Wortel juga dapat menyehatkan kulit anda, terutama wajah jika sering dan rutin digunakan sebagai masker, dan jangan lupa di bantu dari dalam dengan mengkonsumsi wortel secara teratur.



Mamfaat Mengkonsumsi Wortel bagi Ibu Hamil dan Menyusui


Selain bermamfaat untuk tubuh, kecantikan. wortel juga sangat baik jika di konsumsi oleh ibu hamil atau sedang menyusui si buah hati. berikut beberapa mamfaat yang di dapatkan jika mengkonsumsi wortel secara teratur :



Kualitas dan kuantitas ASI 

Salah satu nutrisi yang di perlukan untuk mendapatkan kualiatas dan kuantitas asi adalah vitamin A, dimana nutrisi ini sangat banyak terkandung di dalam wortel, selain itu mengkonsumsi wortel oleh ibu hamil atau menyusui juga sangat baik untuk memberikan bantuan kepada anda dan bayi untuk mendapatkan mata yang sehat.

Menjaga Kesuburan 

Hasil penelitian menunjukkan banyak mengkonsumsi wortel dapat memperbanyak sperma pada pria dan meningkatkan kemungkinan unntuk hamil bagi wanita. Selain itu wortel juga dapat mencegah terjadinya keguguran, bahkan dapat  mempertahankan kehamilan.

Tips memilih wortel Yang baik dan sehat

Berikut tips dalam memilih wortel yang bagus.

  • Kondisi baik dan bagus.
  • Pilih Wortel yang muda, ukuran sedang.
  • Pilih yang warnanya terang.
  • Hindari memilih wortel yang retak, layu, kehitaman.
  • Pilih yang Organik, bebas pestisida.



Tips Menyimpan wortel supaya segar dan sehat

berikut beberapa tips menyimpan wortel agar selalu segar :

  • Bersihkan sampai bersih
  • Simpan dalam lemari es.
  • Atur suhu yang cukup dingin.



Tips penyajian wortel untuk kesehatan

Beberapa cara penyajian wortel yang mungkin bisa kalian tiru :

  • Makan Mentah
  • Dibuat Jus
  • Di Masak
  • Dijadikan Masker Alami.

Sekian artikel 9 Mamfaat Wortel Bagi Tubuh Manusia. 

Share and Comment :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 Mamfaat Wortel Bagi Tubuh Manusia"

Posting Komentar